Iricap.com

Beberapa Kesenian Classic

Deretan Alat Musik Tradisional Sulawesi Selatan Yang Wajib Kalian Ketahui
Deretan Alat Musik Tradisional Sulawesi Selatan Yang Wajib Kalian Ketahui

Sulawesi Selatan merupakan salah satu Provinsi yang ada di Indonesia. Provinsi yang ber ibukota di Makassar ini memiliki berbagai macam kebudayaan dan kesenian. Sulawesi Selatan dahulu mempunyai nama “Ujung pandang” dengan lebih 7 bahasa daerah pada satu tempat mulai dari bahsa Konio, Mandar, Makassar, dll. Selain itu ada juga berbagai macam alat musik tradisional dari Sulawesi Selatan.

Sulawesi Selatan merupakan salah satu destinasi Travelling yang sangat direkomendasikan untuk anda. ada begitu banyak destinasi – destinasi yang bisa anda nikmati bila berkunjung ke Makassar atau Sulawesi. Mulai dari wisata alam, hingga ke festival budaya yang jika beruntung bisa anda temui saat berkunjung ke Sulawesi Selatan.

Alat Musik Tradisional Sulawesi Selatan

Selain wilayah Provinsi yang memiliki beragam suku bangsa, Sulawesi juga diberkati dengan begitu keberagaman alat musik tradisional yang biasa dimainkan baik ketika ada upacara adat , acara pernikahan, maupun dimainkan sebagai hiburan masyarakat setempat.

Seperti alat pada umumnya cara memainkan alat musik Sulawesi Selatan juga beragam mulai dari alat musik tiup, petik, gesek, dan alat musik pukul, semua itu ada di Sulawesi Selatan.

Mengetahui berbagai macam alat musik tradisional merupakan salah satu cara untuk melestarikan, dan mengenal lebih dekat beragam budaya dan kesenian yang ada di Indonesia, sehingga kita menjadi lebih mencintai tanah air kita ini.

Alat musik tradisional Sulawesi Selatan cukup banyak, untuk itu mengetahuinya silahkan simak dan amati dengan baik artikel dari IRICAP ini.

1. Alosu / Lalosu

Alosu atau biasa disebut juga sebagai Lalosu Sessungiru merupakan musik dari suku Bugis yang cukup populer, alat musik ini tergolong dalam kategori alat musik ritmis, karena alat musik ini hanya memiliki satu nada saja.

Lalosu Sessungrui terbuat dari kayu, bambu, dan tekstil. Bambu dengan bentuk bulat dan berdiamter kecil diisi biji – bijian atau kerikil lalu bambu dilapisi oleh kain berwarna merah dan putih dan di ujung bambu dibuat bentuknya seperti kepala ayam.

2. Basi – Basi / Klarinet

Orang suku Bugis biasa menyebut alat musik ini Basi – basi namun orang Makassar lebih sering menyebutnya dengan Klarinet, Basi – basi dimainkan dengan cara ditiup. Klarinet ini atau Basi – basi ini biasanya dimainkan ketika ada acara adat di Sulawesi Selatan seperta pesta rakyat, perkawinan, dan syukuran.

3. Gendang Bulo

Gendang satu yang berasal dari Sulawesi Selatan ini memiliki ukuran yang relatif lebih kecil bila dibandingkan dengan gendang – gendang yang ada di Jawa, tetapi Gendang bula memiliki ukuran yang lebih panjang. Dua sisi dari Gendang Bulo memiliki ukuran yang berbeda, cara memainkanya Bulo yaitu sisi lebih besar pada gendang dipukul menggunakan kayu sedangkan yang kecil  dipukul menggunakan tangan.

4. Jalappa / Kancing – Kancing

Jalappa terbuat dari Kuningan yang bentuknya seperti sambal yang cara memainkannya yaitu dibenturkan antara kedua Jalappa. Jalappa juga biasa disebut sebagai Kancing – Kancing karena bentuknya yang mirip seperti kancing berukuran besar.

Kancing – kancing karena biasa dimainkan pada saat upacara adat, pernikahan, khitanan, dan tolak balak. Jalappa juga salah satu peralatan dukun (puang towa) yang dimainkan bersama gendang bulo, lalosu dalam mantera tarian bissu.

5. Talindo / Popondi

Talindo adalah alat musik petik yang memiliki bentuk sederhana yaitu hanya terbuat dari kayu dan tempurung kelapa yang mempunyai senar satu buah. Tetapi orang makassar biasa menyebut Talindo dengan sebutan Popondi, Talindo biasa dimainkan oleh petani saat memanen di sawah dan para remaja untuk mengisi waktu luang.

Baca Juga: Mengenal Kebudayaan betawi yang sudah mulai dilupakan Masyarakat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *