Iricap.com

Beberapa Kesenian Classic

Daftar Kesenian Tradisional di Bali

Di Indonesia sendiri tentunya terdapat banyak sekali keberagaman suku dan budaya, selain dijuluki sebagai negara kepulauan terbesar di dunia. Tapi kali ini saya akan membahas beberapa Daftar Kesenian Tradisional di Bali yang terkenal sampai ke penjuru dunia. Kini Bali tentunya sudah menjadi aset penting yang support perkembangan pariwisatawan yang ada di Indonesia.

Dengan adanya perkembangan teknologi yang sudah di modernisasi terus melaju secara signitifikan, tergolong juga keldama juga tempat hiburan yang high tech yang berkembang cukuplah beragam guys, ditambahkan Bali juga merupakan tujaun wisata dunia, banyak sekali pengaruh-pengaruh yang berkembang pada kalangan penduduk, bisa jadi itu budaya dan kesenian.

Pesatnya laju modernisasi satu ini yang terbendung, tidak membuat budaya dan kesenian di Bali jadi punah. Para masyarakat Bali tetap bisa menjaga kebudayaan serta kreativitas dari seni hingga sampai sekarang. Tentunya ada banyak sekali bidang kesenian tradisional yang terdapat di Bali.

Mulai dari sejumlah kesenian dan seni tari tradisional , yang juga ikut berinovasi dengan menyusuaikan perkembangan zaman, bersama tidak mengubah budaya. Sehingga sampai saat ini sejumlah kesenian masih berkembang di Bali dengan baik dan menjadi favorit bagi penduduk lokal.

Daftar Kesenian Tradisional di Bali

Wayang Kulit : Ini adalah salah satu kesenian yang menarik di pulau Bali, ialah Wayang Kulit yang sering dipentaskan ketika terdapat acara-acara keagamaan ataupun hiburan. Saat ini wayang kulit yang tenar di Bali ialah Wayang Cenk Blonk.

Wayang yang terdapat dalangnya ini, biasanya pertunjukan seni tersebut dilangsungkan dengan baik, inovatif, serta terdapat guyonan yang menarik dan berisi amanat sehingga sangat digemari oleh berbagai kalangan.

Daftar Kesenian Tradisional di Bali

Seni Tari Janger : Kenian yang selanjutnya ini “Tari Janger” Sudah ada sejak tahun 1930-an, yang dikenal sebagai pergaulan yg pada umunyad itarikan oileh sejumlah pasang pria dan wanita. Didalam penampilan seni tarian satu ini, para penari menari sambil bernyanyi bersorak-sorak gembira.

Untuk Tari Janger ini biasanya dipentaskan pada acara tertentu di sekolah, untuk tarian ini bisa dikatakan memiliki gerakan sangat simpel dan mudah di hafal. Tarian ini biasnaya juga akan dipadu bersama suara vokal dengan bentuk nyanyian dari koor, kesenian satu ini sering disebut dengan senu tari anak-anak. Untuk penari pria biasanya disebut dengan Kecak dan penari wanita disebut Janger, ditarikan berkelompok mulai dari 10 sampai dengan 16 orang.

Daftar Kesenian Tradisional di Bali

Drama Gong : Di Bali juga terdapat drama tradisional yang sangat ternar disana, maka kita sebut saja Drama Gong yang biasanya dipentaskan di panggung atau tempat lainnya. Alur cerita dari drama satu ini berasal dari zaman kerajaan. Untuk tokoh-tokoh yang ditampilkan tidak hanya utama saja, melainkan ada toko lucu diantaranya : Petruk, Cedil, Dadab dan Dolar.

Daftar Kesenian Tradisional di Bali

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *