Iricap.com

Beberapa Kesenian Classic

Seni merupkaan suatu usaha manusia untuk dapat menciptakan bentuk yang menyenangkan. Proses usaha mencari-cari, sehingga karya yang dihasilkan dapat menimbulkan berbagai pendapat yang beranekaragam. Seni ini bisa digolongkan ke dalam banyak hal, contohnya seperti seni akan tatto, seni permainan Poker Online Terpercaya, ataupun bisa seperti seni menyanyi dan menari. Hanya saja diantara semua seni, memang seni terhadap orang-orang yang senang akan bermain game poker terbaik inilah yang berbeda sendiri. Walau berbeda tapi sangat disenangi oleh ramai peminatnya.

Adapun kesenian klasik yang merupakan sebuah puncak perkembangan kesenian tertentu, yang mana tidak dapat berkembang lagi. Karya seni ini dianggap klasik karena telah mencapai puncak atau tidak dapat berkembang lagi, standarisasi dari zaman sebelum dan sesudahnya, serta telah berusia lebih dari setengah abad. Selain dari ketentuan yang sudah kami sebutkan di atas ini, suatu kesenian belum dapat dikategorikan sebagai seni klasik.

Macam-Macam Seni Klasik yang Wajib Kalian Ketahui

1. Seni lukis zaman klasik

Seni lukis zaman klasik ini banyak ditujukan sebagai Mistisme (belum berkembangnya agama), Prpaganda (graafiti di reruntuhan kota Pompeii). Di zaman ini lukisan dimaksudkan meniru semirip mungkin bentuk yang berada di alam. Hal ini diakibatkan berkembangnya ilmu pengetahuan dan dimulainya kesadaran bahwa seni lukis berkomunikasi lebih baik daripada kata dalam beragam hal.

2. Seni Rupa Zaman Klasik

Zaman hindu budha merupakan babak baru periodesasi kebudayaan di indoensia. Zaman ini dikatakan sebagai akhir dari zaman prasejarah dan menjadi awal zaman sejarah. Untuk hal ini di buktikan dengan adanya penemuan tulisan. Masa ini sering dikatakan sebagai masa klasik. Di mana peninggalan karya seni pada masa Hindu-Budha yaitu prasasti dan candi. Prasasti sendiri merupakan batu yang berisi sebuh tulisan mengenai sebuah peristiwa yang di lakukan oleh orang-orang di lingkungan kerajaan.

Pada zaman Hindu-Budha banyak sekali kerajaan yang berdiri mulai dari kerajaan kecil sampai besar. Hampir semua kerajaan memiliki peninggalan yang berupa prasasti. Berikut ini merupakan kesenian klasik berupa prasasti peninggalan kerajaan pada masa Hindu-Budha.

  • Prasasti ciaruteum bergambar telapak kaki (Kerajaan Tarumanegara)
  • Prasasti kedukan bukit (683) menyebutkan kemenangan Raja Dapunta hyang (Kerajaan Sriwijaya)
  • Prasasti canggal di Gunung Wakir (732), menyebutkan Banga Sanjaya membangun sebuah lingga di daerah Kunjara Kunya di jawa Dwipa (Kerajaan Mataram Kuno)
  • Prasasti tukmas di lereng Gunung Merbabu yang menyebutkan adanya mata aair dari sumber yang di samakan dengan sungai gangga (Kerajaan Kaling)

Indonesia juga memiliki berbagai seni klasik seperti bergam candi yang tersebar di berbagai pelosok darah di Indonesia.  Candi merupakan peninggalan zaman Hindu Budha yang megah dan agung karena orang zaman klasik membangunnya untuk tujuan agung yitu kegiatan spiritual. Fungsi candi ini juga sangat beragam adanya kesenian itu berfungsi sebagai hiasan, kuburan abu jenazah, pemujaan, tempat semedi, pemadian, hingga gapura.

3. Seni Arsitektur

Kesenian klasik juga beragam jenis model bangunan seperti masjid, makam, istana, dan lain sebagainya. Di mana seni arsitektur ini sungguh beragam dengan keindahan bangunan yang masih berdiri hingga saat ini.

4. Seni hias

Seni hias sendiri terdiri dari banyak macam, di mana terdapat seni ukir, kaligrafis, wayang, batik, lukis, dan lain sebagainya.

Seni rupa modern ini merupakan babak baru dalam perkembangan seni rupa, yang menurut konspnya merupakan simbol kehidupan yang kaku, tetapi lebih cenderung menjadi pengungkap ekspresi dan nilai seorang seniman secara bebas.

Nah itu dia beberapa pengertian dan beberapa macam jenis eksenia klasik yang harus kalian ketahui. Sekian informasi ini kami sampaikan, semoga dapat mebnambah wawasan kalian mengenai kesenian klasik.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *