Iricap.com

Beberapa Kesenian Classic

Jawa Timur merupakan salah satu provinsi di Indonesia yang kaya akan produk budaya kesenian. Karya seni daerah di Surabaya ini juga sangat beragam, baik tarian seni klasik, tradisional, hingga kreasi baru. Jawa Timur memiliki bentuk seni yang beragam, diantaranya adalah tari primitif, rakyat, serta klasik yang dpaat dikatakan sebagai jenis tarian tradisional. Kali ini, kami akan memberikan beberapa daftar jenis tarian yang wajib kalian ketahui di Surabaya. Simak daftar lengkapnya berikut ini.

Jenis Tarian yang Ada di Surabaya, Jawa Timur

1. Tarian Topeng Malangan

Tarian yang pertama ini merupakan seni pertunjukan abad ke 8 masehi yang telah ditetapkan dalam warisan budaya takbenda nasional oleh Kementerian Pendidikan dan kebudayaan. Tari ini sendiri membawakan lakon panji dengan menyajikan tari Beskalan Lanang.

2. Reog Ponorogo

Selanjutnya adalah sebuah seni tari tradisional asal Jawa Timur yang populartitasnya telah mendunia. Kesenian ini kental dengan berbagai hal yang berbau mistis dengan ilmu batin. Reog ini dikelan dalam sebuah pertunjukan yang biasa dimulai dengan 2 hingga 3 tarian pembuka. Dimana awalnya akan dibawakan sekitar 6 sampai 8 penari yang berpakaian hitam dan melambangkan sosok singa.

3. Seni Bantengan

Berikutnya adalah sebuah seni yang dimainkan oleh tokoh sentral topeng benteng yang dimainkan dua orang, dimana satu pemain berperan sebagai kaki depan pemegang kepala banteng dan pengontrol tarian, dan satunya lagi yang menjadi kaki belakang dan juga ekornya. Kesenian ini adalah seni budaya tradisi yang menganding berbagai insr sendra tari, olah kanuragan, musik, serta syair dan mantra yang kental dengan nuansa magis.

4. Beskalan Putri

Tarian ini merupakan salah satu kesenian khas kabupaten malang, Jawa Timur yang awalnya difungsikan sebagai tarian ritual atau tari upacara yang diadakan saat ritual yang berkaitan dengan ritus tanah atau kesuburan tanah. Tarian ini mengusung gerakan yang lincah, dinamis dan juga feminim sebagai gambaran atau pencitraan tarian seorang perempuan. Masa lalu tari ini sendiri dibawakan laki-laki berkostum perempuan.

5. Glipang

Glipang adalah salah satu tari tradisional asal Jawa Timur yang mulai berkembang di Probolinggo dan Lumajang. Dimana Lambang kegagahan kesatria ini seolah sedang latihan dan terlahir sebagai slaah satu ungkapan ketidakpuasan terhadap Belanda. Tarian ini diiringi oleh berbagai perpaduan yang indah, seperti seni Rudat, Topeng Gethak Madura, Hadrah, Samman, dan juga Pencak Silat. Kesenian ini juga dikatakan sebagai embrio lahirnya sebuah kesenian.

6. Gandrung

Dan yang terakhir adalah kesenian tari yang berasal dari Banyuwangi, Jawa Timur. Dimana sejak bulan Desember 2000 ini, tarian ini sudah menjadi ikon dan maskot pariwisata kota Banyuwangi. Tarian ini juga dijuluki sebgaia kota Gandrung. Kesenian yang satu ini merupakan salah satu tarian bentukdaripada ungkapan rasa syukur yang umumnya digelar oleh para masyarakat Osing Banyuwangi di setiap habis panen. Penari Gandrung Wanita juga menari bersama atau berpasangan dengan Pemaju, seperti diantaranya adalah laki-laki.

Nah itu dia 6 daftar kesenian yang ada di kota Surabaya, Jawa Timur. Yuk, ketahuilah berbagai kesenian yang menjadi kebudayaan pada sebuah daerah. Kesenian ini hadir dari berbagai daerah yang ada dengan berbagai pesan yang tersirat dalam kesenian ini. Skeian informasi in kami sampaikan semoga dapat menambah wawasan serta pengetahuan kalian.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *