Iricap.com

Beberapa Kesenian Classic

Kesenian Tradisional Indonesia Yang Berunsur Mistis

Kesenian Tradisonal di Indonesia yang berunsur mistis terdapat banyak sekali, kali ini saya akan membahas beberapanya saja. Tentunya biasanya tujuan adanya kesenian ini ialah sebagai cara untuk menghormati leluhur, adat istiadat, untuk menghibur dan sampai pementasan seni.

Kesenian Tradisional Indonesia Yang Berunsur Mistis

Nusantara adalah negeri dikenal kaya akan kesenian tradisional yang unik dan menjadi pusat perhatian publik dunia, karena sebagian besar kesenian tersebut sudah ada sejak dulu, saat animisme dan dinamisme yang masih kental. Dari banyak kesenian yang sudah punah, tentu masih ada yang dipertahankan sampai dengan sekarang. Contohnya saja ya judi online yang sampai pada saat ini masih ada di tanah air tercinta. Banyak masyarakat kita yang masih melakukan kegiatan seperti daftar poker online untuk sekedar bermain iseng. Memang saat ini perjudian di tanahair kita sudah banyak sekali yang berkembang.

Tak hanya berhubungan erat dengan budaya dan tradisi, namun kesenian di Indonesia juga sering dikaitkan ada yang berunsur mistis juga. Berikut ini saya akan jabarkan beberapa kesenian yang yang berbau mistis, yang tentunya akan membuat kita merinding saat menyaksikannya.

Tari : Ada banyak sekali versi tarian tradisional asal Jawa Barat ini. Terdapat siati bersi yang ungkapkan, kalau tarian ini memberikan gambaran sosok Puteri yang tinggal mati oleh sang kekasih.

Namun ada beberapa individu coba menghibur sang Putri dengan menari dengan mengelilinginya, sambil menutup hidung, lantaran jasad sang kekasih timbulkan bau busuk. Selain mengandung unsur dari kematian, tarian tersebut juga terkandung faktor balas dendam.

Jathilan : Terdapat beberapa istilah dari kesenian yang satu ini, ada juga nama lainya dari Jathilan ini yang sering disebut oleh masyarakat pada umumnya dengan nama Kuda Lumping dan Jaranan.

Kesenian yang satu ini berasal dari Jawa Tengah, para penari Jathilan akan kesurupan yang jadi pucak untuk hiburan rakyat ini.  Pada awal tarian ini, para penari kuda pria tunggangi kuda yang dirancang berasal dari anyaman berbahan bambu, serta akan di-iringi oleh suara gamelan.

Perlu anda ketahui kesenian satu ini berkisah tentang seorang prajurit, pada zaman kerajaan yang tengah menjalankan perjalanan serta kelaparan. Para penari Jathilan ini biasanya akan mengalami kesurupan dan memakan apapun, diantara lainnya ialah lumpur, beling dan sebagainya.

Kesenian Tradisional Indonesia Yang Berunsur Mistis

Reog Ponorogo : Mungkin anda semua telah tidak asing dengan kesenian tari satu ini, yang asli dari Jawa Timur ini juga merupakan salah satu kesenian yang memiliki unsur mistisnya.

Biasanya Reog Ponorogo dipentaskan dalam upacara adata dan acara pernikahan, tarian tersebut diperankan oleh seorang penari yang memakai topeng singa seberat 60 kg, WOW bagaimana pendapat kamu sobat?

Itu saja beberapa Kesenian Tradisional Indonesia Yang Berunsur Mistis yang bisa aku bagikan untuk sobat. Terimah kasih sudah menjalankan destinasi di website ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *