Iricap.com

Beberapa Kesenian Classic

Mengenai Kebudayaan Kalimantan Timur

Di Indonesia sekarang banyak sekali budaya lokal yang masih dilestarikan dari dulu, hingga saat ini. Selain terkenal sebagai negara kepulauan terbesar di dunia, Indonesia juga dikenal dengan orang-orangnya yang gemar bermain ceme online serta banyaknya suku yang beragam dan sangat unik, juga menarik untuk dipelajari.

Mengenai Kebudayaan Kalimantan Timur

Sekarang ini aku sebagai admin akan membagikan informasi tentang kebudayaan yang ada di Kalimantan Timur, adalah sebuah provinsi di Indonesia, dekat perbatasan Malaysia, Kalimantan : Tengah, Selatan, Barat dan Sulawesi.

Untuk luas Kalimantan Timur ini ialah 127.346 Km2 dan memiliki populasi kurang lebih 3.575.449 jiwa, data tahun 2017. Sehingga Kaltim menjadi wilayah terbesar ke-4 di Nusantara.

Suku Yang Terdapat Didalam Kalimantan Timur

Mengenai Kebudayaan Kalimantan Timur

Sedangkan untuk ibukota Kaltim ialah Samarinda, untuk etnis di Kalimantan Timur 30% lebih ialah Jawa, yang juga telah menyebar di hampir segala bagian wilayah terutama wilaya transmigrasi pada perkotaan.

Serta untuk etnis terbesar kedua di Kaltim ada suku Bugis 20,81%, yang banyak tempati daerah pesisir, sampai dengan perkotaan. Etnis terbesar selanjutnya di-isi oleh suku Banjar 12,45% yang cukup banyak di kota Samarinda dan Balikpapan.

Terdapat juga etnis Dayak 9,94% yang bertempat tinggal di daerah pedalaman. Serta Etnis Kutai 7,80%, Etnis Toraja 2,21%, Sunda 1,57 dan Madura 1,32% dan masih banyak lagi suku lainnya.

Senjata Tradisional

Selain terdapat banyak kesenian, salah satunnya yang sudah banyak dikenal oleh orang pada umumnya, seperti : Tarian Serumpai, Tari Hudoq, Tari Gong dan sebagainya. Tentunya di Kalimantan Timur juga terdapat berbagai senjata tradisional yang ada, diantara lainnya : Mandau, Sumpit, Tombak, Perisai, Gayang, Keris Buritkang.

Namun diantara senjata tradisional yang terkenal ialah : Mandau biasanya dibuat oleh seorang yang memiliki keahlian dalam mengelola besi yang konon katanya miliki ilmu gaib. Mandau ialah senjata yang berbentuk seperti parang, serta untuk panjangnya sendiri bisa sampai dengan 1/2 m.

Untuk mandau sendiri juga terbagi 2 golongan, yang pertama terdapat mandau disebut dengan tampilan dan digunakan untuk perang dan juga upacara. Serta untuk mandau yang biasa, dipergunakan untuk keperluan kesehariannya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *